Blogroll

19 Objek Wisata Danau Toba yang Wajib Dikunjungi

Senin, 12 Januari 2015

Wisata Danau Toba


Wisata Danau Toba memang tidak ada habis habisnya untuk di bahas, maklum saja karena Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di indonesia bahkan di Asia tenggara. Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara, Tiap tahunya Objek Wisata Danau Toba ini merupakan sasaran wisatawan domestik dan mancanegara, sebenarnya saya dulu pernah membahasnya di sini tetapi untuk lebih lengkapnya saya uraikan lebih rinci oke, langsung saja kita akan membahas tempat wisata mana yang wajib kita kunjungi di Daerah ini ?

1. Pulau Samosir


Pulau Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang cukup unik dengan letak geografisnya, dimana Pulau ini merupakan salah satu pulau yang terbesar di indonesia. Kabupaten Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang baru lahir dikarenakan Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Toba Samosir. Objek wisata yang di tawarkan disini cukup banyak mulai dari wisata alam yang cukup menawan dan wisata adat – istiadat yang kental menjadikan Pulau Samosir merupakan salah satu objek wisata yang cukup di andalkan di Provinsi Sumatera Utara.
Pulau Samosir Provinsi Sumatera Utara

2. Parapat


Parapat merupakan tempat wisata yang cukup indah pemandangannya, karena disini anda akan disuguhkan dengan alam yang cukup memukau, karena sepanjang perjalanan menuju parapat anda bisa beristirahat disepinggir jalan untuk melihat pemandangan danau toba yang cukup luas, disana juga anda bisa bersantai dan beristirahat dengan minuman kopi dan makanan ringan lainnya. Selain itu juga sebelum sampai di kota parapat anda akan melihat banyaknya monyet yang berkeliaran untuk mencari makan, jadi tips buat anda yang mau menuju kesana sebaiknya membawa makanan ringan seperti kacang dan kue yang nantinya akan anda akan berikan buat monyet dispenjang jalan. Parapat sendiri berada di girsang sipangan bolon Kabupaten Simalungun, akses perjalanan yang di tempuh dari medan ke Kota Parapat hannya membutuhkan waktu 4 – 5 jam saja dari Kota Medan.

Wisata Kota Parapat

 3. Bakara


Bakara sendiri merupakan nama daerah yang ada di kabupaten Humbang Hasundutan yaitu kecamatan baktiraja, di tempat ini anda bisa berwisata alam dan melihat pemandangan indah danau toba, bagi anda yang hobby memancing anda bisa Wisata Mancing disana sambil menikmati pemandangan yang indah, kalau anda beruntung ikan mujahir dan ikan mas kiloan anda bisa bawa pulang dari tempat ini.

Wisata Bakara

 4. Pantai Lumban Silintong Balige


Pantai ini terletak di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara, perjalanan anda dapat gunakan menggunakan jalan darat dan udara, jika anda dari medan anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju kota balige dengan lama perjalanan kurang lebih 6 Jam perjalanan, tapi jika anda ingin cepat sampai anda bisa melalui bandara kuala namu medan bisa terbang menggunakan pesawat menuju siborong – borong kabupaten taput, hanya menempuh setengah jam saja. Wisata Danau Toba Di lumban silintong memang menarik anda bisa berjalan di sepanjang bibir pantai, disana anda bisa berenang bersama keluarga dan menikmati pemandangan indah dan tawaran wisata kuliner yang cukup menggoyang lidah seperti makanan khas ikan bakar khususnya ikan mas dan ikan mujair yang langsung dari danau toba dan makanan panggang lainnya.
Wisata Pantai Lumban Silintong


5. Pulau Sibandang


19 Objek Wisata Danau Toba yang Wajib dikunjungi adalah Pulau Sibandang berlokasi di wilayah Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini merupakan pulau yang dikelilingi oleh danau toba. Untuk mengakses daerah ini anda bisa menggunakan akses kapal karena untuk menuju daerah ini tersedia perahu untuk mengantar anda menuju ke pulau sibandang, di pulau ini di huni oleh 1000 an kepala keluarga. Di sini banyak sekali buah mangga jika anda beruntung pada musimnya anda bisa makan buah mangga yang harganya cukup murah dan rasanya yang manis dan anda bisa memakannya sepuasnya.
Wisata Pulau Sibandang


6. Tongging


Desa Tongging merupakan Desa yang berada di kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Tongging merupakan tempat wisata yang menarik karena menawarkan pemandangan danau toba yang cukup eksotis dari tempat ketinggian, anda bisa mengabadikan foto bersama dengan keluarga anda disana.
Wisata Pulau Sibandang


7. Pusuk Buhit


Cerita Adat Istiadat yang kental masih kita dapatkan di daerah Pusuk Buhit, dimana Pusuk buhit merupakan perbukitan yang berada di daerah Pulau Samosir, menurut sejarah masyarakat disana bahwa tempat inilah asal mula orang batak yang dinamakan Mula Jadinabolon. Di tempat ini kita akan disuguhkan pemandangan yang cukup indah, sehingga anda akan merasa kagum melihat panorama alam yang di tawarkan, untuk menuju kesana tersedia bus yang tersedia di kaki bukit yang menuju pusuk buhit, tetapi itupun angkutan umum tersebut tidak sampai di puncak bukit, masih di butuhkan berkisar 500 meter lagi menuju daerah puncak. Sehingga disarankan jika anda berada di pulau samosir anda harus singgah menuju tempat yang satu ini.
Wisata Pusuk Buhit Danau Toba

8. Sipinsur


Sipinsur merupakan tempat wisata alami yang cukup indah di Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana Wisata Sipincur sangat sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, sebenarnya tempat wisata ini cukup menarik, namun sangat disayangkan karena lokasi wisata ini tidak terawat dengan baik, karena minimnya fasilitas seperti tempat makan dan minum, namun dari segi kondisi jalan sudah baik. Untuk menuju lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 60 menit saja dari bandara silangit kabupaten tapanuli utara. Lokasi Sipinsur sendiri menjadi lokasi wisata persinggahan saja, karena di uraikan hal tersebut di atas yaitu minimnya fasilitas makan dan minum yang tersedia disana, semoga saja Pemerintah setempat memberikan perhatian yang lebih baik lagi untuk mengelola tempat wisata dimaksud.
Wisatsa Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan

9. Ambarita


Tempat Wisata Danau Toba yang kita bahas berikutnya adalah Ambarita disini cukuplah menarik karena menawarkan wisata adat istiadat yang masih kental, dimana bangunan yang ada menjadi saksi bisu bagaimana dahulu perkampungan ini berada. Karena dulu masyarakat batak masih sempat memakan manusia, sungguh menyeramkan memang, tetapi berkat datangnya para misionaris menjadikan masyarakat batak sudah mulai mengenal agama kristen sehingga budaya memakan manusia berangsur – angsur hilang.
Wisata Ambarita Danau Toba

10. Simanindo


Simanindo merupakan salah satu Desa di Kabupaten Samosir, yaitu berada di Pulau Samosir, di dusun huta bolon anda dapat meilihat rumah batak selain itu anda juga bisa melihat benda – benda peninggalan pendahulu orang batak, disini anda juga akan disuguhkan dengan tarian khas orang batak yaitu Tarian Tortor.
Wisata Simanindo Samosir

11. Pangururan


Pangururan merupakan salah satu kecamatan yang ada di pulau samosir kabupaten samosir provinsi sumatera utara. Di panguran anda dapat menikmati suguhan pemandangan danau toba, bagi anda yang hoby berenang bersama keluarga disini tempatnya, disini anda tidak perlu takut penginapan dan ketersediaan makanan disana, karena di kota ini tersedia hotel dan makanan yang beragam untuk anda coba di tempat ini, salain itu disini juga anda akan menikmati pemandian air panas alam yang sangat terkenal, karena di samosir cuaca agak dingin, jadi sangat disarankan bagi anda yang berkunjung ke samosir anda harus berendam air panas di Pangururan.
Wisata Pangururan

12. Tomok


19 Objek Wisata Danau Toba yang Wajib dikunjungi adalah Tomok, Disini anda bisa melihat boneka sigale – gale yang sangat terkenal, yaitu boneka yang bisa menari – nari tetapi dengan bantuan di gerakkan oleh seseorang di belakangya, boneka ini terbuat dari kayu dan di beri pakaian batak, dimana cerita terdahulunya merupakan boneka yang di buat dikarenakan kerinduan orang tuanya kepada anaknya tidak pernah pulang. dulu saya pernah membahasnya di sini. Selain itu juga anda akan bisa melihat museum Raja Sidabutar, disini anda bisa melihat makam yang sangat tua yang terbuat dari batu dan dipahat sedemikan rupa, dan merupakan makam yang sangat unik dan tidak bisa kita jumpai pada zaman sekarang ini.
Wisata Tomok Samosir

13. Tuktuk


Tempat ini merupakan lokasi yang pertama sekali kita jumpai jika kita menyebarang dari parapat menuju pulau samosir, disini anda dapat menikmati pemandangan danua toba yang cukup memukau selain itu disana anda akan di tawarkan dengan adat istiadat yang kental, di tuktuk juga anda bisa membeli sovenir yang cukup beragam mulai dari hiasan dingding, ukiran patung, ulos hingga alat – alat musik tradisonal batak seperti taganing, hasapi dan seruling batak, disini anda pasti akan puas dengan beragamnya oleh – oleh yang bisa kita bawa dari sana.
Wisata Tomok Samosir

14. Aek Sipitu Dai


Aek Sipitu Dai berada di Kecamatan Sianjur mula – mula dan untuk menuju ke sini anda sebaiknya melewati pangururan samosir saja karena lokasinya cukup dekat dari sana, di sini anda akan melihat 7 (tujuh) pancoran air dari sumber air yang sama dengan rasa yang berbeda – beda, sungguh unik memang, selain itu juga airnya dipercaya mampu untuk mengobati berbagai penyakit.
Aek Sipitu Dai Samosir


15. Danau Sidihoni


Danau Sidihoni merupakan danau di atas danau yang cukup spektakuler dikarenakan juga danau yang terletak di kecamatan pangururan. Danau ini sering memberikan cerita tersendiri karena warnanya sering berubah – ubah sesuai dengan kejadian – kejadian yang sering terjadi di Negara kita.
Danau Sidihoni

16. Danau Aek Natorang


Danau Aek Natorang merupakan salah satu danau yang berada di daerah Kecamatan Simanindo, Danau ini merupakan danau di atas danau, tempat ini merang kurang di kelola dengan baik, dikarenakan akses jalan yang masih tidak baik untuk dilalui kendaraan, padahal di danau ini terletak eksotis pemandangan yang cukup menakjukkan untuk dikunjungi pada Wisata Danau Toba.



Danau Aek Natorang Kabupaten Samosir


17. Kampung Siallagan


Kampung Siallagan ini merupakan perkampungan yang berdiri kokoh pada zaman kerajaan Raja Laga Siallagan, perkampungan ini merupakan tempat yang cukup menarik karena di tempat ini berdiri bangunan rumah adat batak dan dikelilinggi pagar batu – batuan dan bambu yang dulunya merupakan penghalau dari serangan binatang buas. Di tempat ini ada yang di sebut batu parsdangan tempat ini merupakan tempat untuk mengadili seseorang yang berbuat jahat, tapi anda tidak perlu takut dengan cerita history yang lebih lengkap anda akan dapatkan disana dipandu warga yang lama tinggal disana.
Kampung Siallagan Pulau Samosir

18. Desa Suhi Suhi


Untuk menempuh daerah Desa Suhi Suhi ini anda akan disuguhkan dengan perkampungan batak yang cukup menarik karena di daerah ini anda juga akan melihat bangunan – bangunan rumah adat istiadat yang cukup menarik, relif bangunan yang khas seperti gorga atau ukiran – ukiran pada dingding rumah menjadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta seni. Wisata Danau Toba sungguh menarik, Di desa ini mata pencarian yang paling banyak di tekuni para perempuan adalah membuat ulos yang cukup menarik, karena ulos yang di buat merupakan ulos yang di rajut dengan alat tradisional sehingga menghasilkan rajutan kain yang cukup rapi dan baik, banyak motif dan gaya yang di tawarkan untuk anda beli disini, sehingga harganya bisa terkejut mendengarnya bisa sampai 10 juta rupiah, tapi anda tidak takut berbelanja disana karena kain ulos ada juga yang harganya yang ratusan ribu rupiah tetapi tergantung bahan dan kerumitan ulos yang di buat para pengrajin.
Desa Suhi Suhi

19. Rumah Pengasingan Mantan Presiden RI Soekarno


Tempat ini merupakan tempat bersejarah karena disini merupakan rumah yang cukup indah dan mempunyai history sendiri karena rumah ini sempat di tempatti oleh presiden pertama kita presiden soekarno, di tempat ini anda bisa melihat pemandangan danau toba dari sisi lain cukup indah karena danaunya langsung lepas luas dari atas bangunan ini.
Rumah Perasingan Presiden
Okedeh demikian ulasan tentang 19 Objek Wisata Danau Toba yang Wajib dikunjungi, jadi seandainya ada penulisan atau keterangan yang kurang tepat mohon di koreksi ya, salam wisata.


17 komentar

  1. Sayang nya tidak dicantumkan sarana transportasi untuk menuju lokasi yang indah tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah banyak travel dan transfortasi jalur darat menuju samosir, anda tidak perlu khawatir

      Hapus
  2. salam..kami ada menyediakan ground pakej Medan-Lake Toba-Berastagi dengan harga yang sangat puas hati..paling penting pakej Muslim dan sememangnya makanan yang halal..
    whatsapp/ mesej ONLY: +6012-6047593
    instagram : @percutianbajet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik sekali tawarannya ...karena saya pernah ke samosir tanpa membawa bekal, begitu jam makan agak was was mencari rumah makan yang halal ...

      Hapus
  3. Bakkara luar biasa viewnya,, belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan.... jadi masih asri banget

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus
  5. Tau tempt evata yg di porsea gk, pingin kesna tp gk tau jln

    BalasHapus
  6. Salah satu destinasi bagus nih buat liburan nanti.

    BalasHapus
  7. www.SumutTopNews.com

    www.SumutTopNews.com
    adalah Portal Berita Online Terpercaya dari Sumut Indonesia | Terbaru
    Hari Ini Terkini Terhangat | Nasional dan Daerah.

    www.HorasSumutNews.com

    www.HorasSumutNews.com
    Horas Sumut News adalah Portal Berita Online Sumut Indonesia | Terbaru
    Hari Ini Terkini Terhangat | Nasional dan Daerah.

    www.SenyumNews.xyz

    www.SenyumNews.xyz
    Berita Terbaru Terkini dari Dunia Hiburan Korea Mulai Dari Selebriti
    & Film Korea hingga serial TV & K-pop Foto & Video.

    www.TravellerCinta.com

    Website
    Official TravellerCinta.Com - Buku Traveller Cinta & Filsafat Cinta
    - Penulis by Hiskia Sianipar (Xiong Shan). TravellerCinta.Com - Buku
    Traveller Cinta ...

    ---------

    www.JuaraPokerTogel.info

    www.JuaraPokerTogel.info
    Daftar Nama Situs Poker Online Uang Asli, Domino 99, BandarQ/Poker,
    AduQ, Togel, Casino & Taruhan Bola Terpercaya Apk Android

    www.BokepKece.info

    BokepKece.info Kumpulan Cerita Seks Dewasa Bergambar Terbaru
    Cerita Panas Sedarah, Incest Adik Kakak, Kisah Menghamili Ibu Mertua, Sex Mesum

    BalasHapus
  8. ASSALAMU ALAIKUM.WR.WB.. SAYA TERMASUK ORANG YANG GEMAR BERMAIN TOGEL,SETELAH SEKIAN LAMANYA SAYA BERMAIN TOGEL AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN NOMOR SEORANG PERAMAL TOGEL YANG TERKENAL KEAHLIANNYA DI SELURUH DUNIA,NAMANYA (KIYAI PATI). DAN SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA KEMARIN ANGKA GHOIB YANG DIBERIKAN OLEH KIYAI 4D DI PUTARAN SGP YAITU 3411 TERNYATA BETUL-BETUL TEMBUS. PADAHAL,AWALNYA SAYA CUMA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA KIYAI PATI DISITULAH ALHAMDULILLAH KIYAI PATI TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANGKA YANG DIBERIKAN KIYAI ITU SAYA PASANG DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL SAYA JACKPOT DAPAT 500.JUTA,DAN BETAPA BAHAGIANYA SAYA BERSUJUD-SUJUD SAMBIL BERKATA ALLAHU AKBAR…..ALLAHU AKBAR….ALLAHU AKBAR….SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK YAA KIYAI,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI BAIK KIYAI, BAGI ANDA SAUDARAH-SAUDARAH YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG PUNYA HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI SILAHKAN HUBUNGI KIYAI PATI DI NOMOR HP: {_0852_1741_5657_}

    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL BELIAU
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    BalasHapus
  9. min masuk ke lokasi Aek Sipitu Dai itu perlu tiket masuk gak ya? atau wisatawan bebas berkunjung ke sana

    BalasHapus
  10. Beberapa sudah.
    Tinggal mengatur waktu untuk melanjutkan.

    BalasHapus
  11. Target Destinasi wisata keluarga 2018, apalgi sudah ada Bandara Int.Silangit & Bus Damri

    Rencana curi start libur sebelum Lebaran..😂😂

    BalasHapus
  12. mantap bakalan jadi tujuan liburan selanjutnya di tanah batak

    BalasHapus
  13. Gue pengen banget ni ke sumatera utara khususnya Danau Toba , thanks info wisatanya

    BalasHapus

 

Most Reading

Sidebar One